Selasa, 26 Juni 2012

Tugas 15 Difusi dan inovasi


16.A. Sebutkan lima ciri-ciri atau sifat-sifat kepribadian konsumen innovator. Jelaskan pendapat Anda ini.

Setiap manusia mempunyai psikologis yang pastinya berbeda-beda terutama dalam hal beraktivitas dalam lingkungan mereka. Bagi setiap konsumen lingkungan adalah tempat atau lokasi untuk mereka berinteraksi, menganalisis pengaruh dan perubahan yang mendominasi setiap aktivitas individu lain ketika menentukan sebuah pilihan terhadap produk dan jasa tertentu.konsep kepribadian adalah suatu pemikiran atau perasaan unik terhadap respon bagi berbagai situasi.
Cirri-ciri manusia inovatif
1. Giat belajar dan bekerja
2. Selalu berorientasi kedepan
3. Kaya ide-ide yang cemerlang
4. Berfikir rasional dan berprasangka baik
5. Menghargai waktu dan menggunakannya sebaik-baiknya
6. Suka melakukan eksperimen-eksperimen dan penelitian.

Inovator konsumen yaitu mereka yang cenderung menjadi orang pertama mencoba berbagai produk, jasa atau praktik baru dan mereka akan membantu perusahaan utnuk melakukan promosi dengan cara mempengaruhi orang lain yang berada disekitar mereka.
Perusahaan akan memanfaatkan konsumen yang mempunyai kepribadian innovator untuk membantu memasarkan produk mereka, contoh perusahaan NOKIA unya cara new wave untuk melibatkan pelanggan antusiasnya guna mengembangkan produk-produk masa depan mereka. NOKIA menggunakan komunitas developers yang diberi nama forum NOKIA, lengkapnya forum NOKIA developers community (dapat dilihat di www.forum.nokia.com ). Dengan cara mengikutsertakan konsumen kedalam pengembangan produk-produk masa depan mereka, NOKIA memanfaatkan konsumen yang mempunyai peribadi inovatif untuk membantu memasarkan produk.

16.B. Terdapat lima tahap dalam proses adopsi suatu produk, sebutkan dan jelaskan tentang apa yang terjadi di masing-masing tahap tersebut.

1. Awareness: pada tahap awareness ini perusahaan merasa perlu untuk melakukan adopsi terhadap suatu produk yang menurut mereka dapat menghasilakan keuntungan yang lebih besar.
2. Interest: produk diadopsi harus merupakan produk yang mempunyai minat banyak dari konsumen dengan begitu produk yang diadopsi dapat bersaing dengan produk aslinya.
3. Evaluation: tahap ini merupakan tahap peninjauan kembali atas apa yang telah perusahaan lakukan, apakah ada kesalahan atau tidak.
4. Trial: setelah melakukan tahap awareness, tahap interest, dan tahap evaluation makatahap selanjutnya yang akan dilakukan perusahaan adalah melakukan ujicoba atau percobaan peluncuran produk mereka kepasar. Dari peluncuran poduk pertama kali tersebut perusahaan akan mel;ihat apakan produk adopsi mereka sukses atau tidak.
5. Adaption atau rejection: pada tahap ini perusahaan akan melakukan adaptasi di semua bagian atau bidang terhadap produk yang telah mereka adopsi. Jika mereka merasa produk yang mereka adopsi tidak sesuai dengan harapan mereka maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan melakukan rejection (penolakan).

16.C. Terdapat lima macam kategori pemakai. Sebutkan dan deskripsikan masing-masing kategori pemakai tersebut serta persentasi relative penduduk yang memakai.

Secara umum terdapat lima kelompok kategori yang telah diidentifikasi yaitu:
1. Innovator orang yang pertama kali menerima sebuah idea tau produk baru
2. Early adopter: terintegrasi dengan komunitas dan respek dengan teman-temannya, kadang-kadang mencari informasi dan nasehat tentang produk atau jasa baru
3. Early majority kelompok ini penuh dengan pertimbangan dan hati-hati dalam mengadopsi produk-produk inovasi
4. Late majority kelompok terakhir yang mengadopsi karena mereka ragu-ragu terhadap produk inovasi
5. Laggards orang-orang dengan status social dan berpendapatan terendah

16.D. Berikan karakteristik produk yang mempengaruhi penyebaran, mohon disertai definisi dan conto di masing-masing karakteristik.

Terdapat lima karakteristik produk yang dimana memudahkan proses adopsi produk, yaitu:
1. Relative advantage consumer menerima produk inovasi melebihi produk yang telah ada.
2. Compatibility: produk baru cocok dengan kebutuhan konsumen
3. Complexity: banyak kesulitan yang dirasakan terhadap sebuah produkinovasi seperti mengerti atau menggunakannya sehingga lebih lambat untuk mengadopsinya.
4. Triability: pengalaman mencoba akan mengurangi ketidak puasan konsumen.
5. Observability: pengguna produk dan banyak orang bisa mengamati efek positif dari penggunaan produk baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar