10.A. Jelaskan bagaimana factor-faktor situasi dapat mempengaruhi tingkat konsistensi antara berbagai sikap dan perilaku!
Pembentukan sikap seseorang berasal dari berbagai aktivitas pengalaman yang pernah mereka lewati, berdasarkan pengalaman masa lalu seorang manusia akan membentuk diri mereka dan yang paling berpengaruh dalam pembentukan sikap seorang manusia adalah teman, Karena teman merupakan satu contoh perbandingan yang akan selalu dibandingkan.
Struktur Sikap:
1. Komponen kognitif: Merupakan representasi apa yang dipercayai oleh individu pemilik sikap. Factor situasi yang mendesak akan mempengaruhi konsistensi komponen ini Karen komponen ini berisi persepsi, kepercayaan, dan stereotype yang dimiliki individu mengenai sesuatu.
2. Komponen afektif: Merupakan perasaan yang menyangkut aspek emosional. Factor situasi yang mengharuskan subjek berurusan dengan masalah perasaan akan menguji konsitensi dari komponen ini karena komponen ini sangat menjunjung perasaan yang dimiliki terhadap sesuatu.
3. Komponen konatif: Merupakan aspek kecenderungan berperilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki oleh seseorang. Factor situasi yang mengharuskan komponen ini untuk memilih salah satu hal akan menguji komponen ini karena komponen ini sangat berpegang utuh terhadap kepercayaan mereka.
10.B. Jelaskan bagaimana manajer produk sereal untuk sarapan dapat mengubah sikap konsumen terhadap merek perusahaan dengan!
A. Mengubah keyakinan terhadap berbagai merek.
Untuk mengubah sikap knsumen terhadap berbagai produk adalah strategi yang sering digunakan pemasar untuk memenangkan persaingan. Dalam menjalankan strategi ini pemasar harus menyakinkan konsumen dengan apa yang mereka katakana terlebih dahulu, karena dalam hal mengubah keyakinan seseorang tidaklah muda, oleh karena itu langkah pertama yang dilakukan oleh seorang pemasar haruslah menyakinkan konsumen dan tidak boleh ada kebohongan. Kita tahu bahwa konsumen sangat sensitive dengan harga oleh karena itu para Pemasar dapat juga menggunakan strategi pengaturan harga misalnnya dalam hal pemberian diskon untuk memenangkan persaingan.
B. Menambah suatu sifat.
Dalam hal penambahan sifat ini, para pemasar dapat menambahkan sifat-sifat yang dulu diabaikan dalam melakukan proses pemasarannya atau pemasar dapat juga memasukkan sifat-sifat yang terlihat dapat membangun perusahaan.
10.C. Seorang mahasiswa baru saja membeli sebuah pc-tablet baru.
A. Factor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan mahasiswa itu mengalami ketidak cocokan pasca-pembelian?
Pc tablet bias saja menjadi tidak begitu penting lagi bagi mahasiswa karena mungkin mereka terlebih dahulu telah mempunyai laptop atau notebook yang membantu mereka dalam hal belajar, tetapi suatu informasi dapat mempengaruhi keputusan seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Factor financial juga dapat mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian pc tablet tersebut yang dimana kita tahu bahwa keuangan mahasiswa tidaklah terlalu bagus. Dan factor yang terakhir adalah factor gaptek atau gagap teknologi, dengan masalah gaptek ini juga dapat menentukan keputusan membeli atau tidak dari mahasiswa (akan tetapi factor terakhir ini adalah factor yang memiliki kemungkinan paling rendah untuk muncul, karena kita tahu bahwa mahasiswa Indonesia adalah mahasiswa yang mempunyai intelegensi tinggi.
B. Bagaimana mahasiswa itu dapat berusaha mengatasinya?
Hal ini dapat diatasi dengan mudah, mj=hanya perlu memikirkan apakah pc tablet ini memang dibutuhkan oleh mereka atau tidak. Mungkin aka nada banyak factor yang harus dipertimbangkan oleh para mahasiswa. Factor yang benar-benar harus dipertimbangkan oleh para mahasiswa adalah keefektifan dari pc tablet tersebut.
C. Bagaimana pedagang ritel yang menjual pc-tablet itu dapat membantu mengurangi ketidak cocokan mahasiswa tersebut?
Usaha yang dilakukan pedagang eceran untuk mengurangi ketidak cocokan mahasiswa munmgkin dapat dilakukan dari segi pematokan harga jika pedagang eceran tersebut tidak memasang harga terlalu tinggi maka akan memudahkan para mahasiswa untuk mengatur keuangan mereka, dan diatas saya telah mengatakan bahwa factor harga sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian seseorang, dengan begitu jika harga yang dipasang oleh pedagang eceran rendah maka akan menarik perhatian para mahasiswa untuk melakukan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar