Selasa, 26 Juni 2012

Tugas ! Pengantar dan segmentasi Pasar

1.A. Anda adalah seorang brand manager dari produk handphone jenis baru dengan banyak fitur. Uraikanlah bagaimana pemahaman terhadap perilaku konsumen berguna bagi anda dari segi strategi segmentasi pasar!
untuk memahami prilaku konsumen kita harus melakukan 2 pendekatan berikut ini:

1. pendekatan marginal utility yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan, misalnya uang.

2. pendekatan indifference curve yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.
setelah melakukan kedua pendekatan tersebut diatas maka seorang manager akan mendapatkan hasil atau akan mengetahui target dan tujuan pasar mereka.

1.B. Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing concept) dengan konsep pemasaran yang memperhatikan kepentingan masyarakat (societal marketing concept)? Menurut pendapat anda, apakah para pemasar harus memakai (societal marketing concept)? Dalam industri apa saja adopsi terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi sangat penting?

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Sedangkan konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
menurut saya seorang pemasar harus memakai societal marketing concept karena konsep pemasaran ini dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan bagi kedua belah pihak, pihak konsumen dan pihak pemasar, kita dapat mengalahkan para pesaing dengan menggunakan konsep pemasaran ini karena jika kita sukses mengaplikasikan konsep ini (yang mengutamakan kesejahteraan konsumen) maka konsep ini akan membuat konsumen menunjukkan kesetiaan mereka terhadap produk yang kita pasarkan.
industri telekomunikasi dan industri otomotif harus melakukan societal marketing concep ini karena dari kedua industri ini terdapat banyak pesaing yang akan saling bersaing, dan konsumen dari kedua industri ini sangat sensitif dengan hasil yang mereka rasakan setelah menggunakan atau memanfaatkan produk/jasa yang mereka beli. jika sekali saja mereka merasa tidak puas maka para konsumen ini akan langsung berpindah ke penyedia jasa atau penyedia produk yang lain.

1.C. Bagaimanakah segmentasi pasar, penetapan target, dan pengaturan posisi yang saling berhubungan? Jelaskanlah bagaimana ketiga konsep ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran suatu produk pilihan anda!

segmentasi pasar merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda.
penetapan target: adalah tahap selanjutnya dari analisis segmentasi pasar.
pengaturan posisi: perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor.
hubungan dari ketiga strategi ini adalah sama-sama merupakan elemen inti marketing.
segmentasi pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memahami struktur pasar, targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi dan menjangkau pasar, sedangkan positioning adalah suatu strategi untuk memasuki pemikiran para konsumen.
contoh: produk shampo Clear sebagai pendatang baru dalam bisnis PPT (produk perawatan tubuh) mereka pertama kali melakukan segmentasi pasar yang kreatif, lalu menentukano target pasar yang sangat tepat dan mereka juga membuat posisi produk mereka sejelas mungkin di mata para target pasar mereka.

1.D. Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan demografi sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan bersama-sama untuk membagi pasar?

keuntungan menggunakan demografi adalah segmentasi dengan cara apapun harus selalu dilihat dari kacamata demografi dan informasi demografi merupakan informasi yang paling mudah dijangkau dan paling murah untuk mengidentifikasi target pasar.
kekurangannya mungkin adalah masalah waktu karena untuk melakukan segmentasi pasar berdasarkan demografi ini memakan waktu yang cukup lama.
Demografi dan psikografi dapat digunakan bersama-sama karena psikografi adalah pembagian kelompok konsumen berdasarkan karakteristik kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian, oleh karena itu kita dapat menggabungkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar