Selasa, 26 Juni 2012

Tugas 14 Lintas Budaya

15.A. Dengan banyaknya masalah yang dihadapi perusahaan yang menjadi global, mengapa demikian banyak perusahaan yang memilih perluasan secara internasional? Apakah keuntungan memperluas pemasaran melampaui pasar domestik/dalam negeri?

Perusahaan memilih memasuki pasar global karena salah satu perkembangan yang paling signifikan dalam praktik dunia usaha ini adalah pertumbuhan pesat aktivitas internasional, investasi langsung asing dan penentuan sumber pengadaan produk dan komponen di lur negeri telah merebak secara dramatis. Dalam situasi seperti itu banya perusahaan yang memasuki pasar internasional untuk mencari sumber komponen secara lebih efektif dan memasuki pasar produk yang bertumbuh lebih menjanjikan dibandingkan dengan pasar domestic.
http://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-sim/materi-kuliah-ebi/buah-fikiran-tentang-perdagangan-internasional/

keuntungan pasar internasional
1. Menjalin persahabatan antar Negara
2. Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri
3. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
4. Memper luas pasar dan menambah keuntungan
5. Transfer teknologi modern

15.B. Apakah budaya-budaya di dunia menjadi semakin sama ataukah semakin berbeda? Uraikanlah.

Saya rasa ada sebagian budaya-budaya yang akan sama dan ada juga sebagian budaya yang akan tetap berbeda karena kita tahu bahwa budaya merupakan awal dari kebiasaan yang dilakukan oleh manusia dan kebudaayaan pada sekarang ini dari hari ke hari akan semakin berkurang karena para generasi muda telah mengikuti tuntutan jaman atau perubahan budaya.
Budaya tidak akan pernahmenjadi sama karena dari setiap manusia mempunyai kebiasaan yang berbeda tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dari sekian banyak budaya didunia ini akan nada sedikit persamaannya.

15.C. Haruskah makanan Kentucky Fried Chicken (=KFC) dijual di seluruh dunia dengan formulasi yang sama? Dalam kemasan yang sama? Dengan tema iklan yang sama? Jelaskan jawaban Anda.

Didunia ini terdapat berbagai macam budaya, kebiasaan, dan keinginan yang berbeda-beda dari setiap manusiannya dengan begitu Kentucky Fried Chiken (KFC) tidak boleh menjual produk mereka dengan formulasi, kemasan, tema iklan yang sama diseluruh dunia. Kita ambil contoh orang eropa dengan orang asia terutama orang Indonesia, orang eropa tidak mengkonsumsi nasi jadi Kentucky fried chicken tidak menjual nasi bukan menjadi masalan akan tetapi jika mereka memasarkan produk Kentucky fried chicken mereka di Asia atau Indonesia maka mereka tidak boleh tidak menjual nasi karena masyarakat asia terutama Indonesia tidak akan kenyang kalau tidak mengkonsumsi produk yang namanya nasi tersebut.

15.D. Jika Anda ingin memberikan nama suatu produk baru yang diharapkan dapat diterima para konsumen di seluruh dunia, fakktor-faktor budaya apa saja yang akan Anda pertimbangkan?

Factor budaya yang paling harus di pertimbangkan adalah factor budaya keagamaan karena kita tahu sebagian orang didunia ini ada yang memiliki fanatisme yang sangat tinggi oleh karena itu factor inilah yang menurut saya harus menjadi factor terdepan yang harus di perhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar