Selasa, 26 Juni 2012

Tugas 2 Motivasi

6.A. Mengapa kebutuhan dan tujuan konsumen terus menerus berubah? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru?

kebutuhan dan tujuan konsumen terus berubah dikarenakan oleh beberapa faktor brikut ini: faktor ekonomi, trend, pemasaran langsung, dan keluarga.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru:

1. Pengaruh keluarga
keluarga mempunyai peran penting dalam pembentukan sikap maupun prilaku. keluarga merupakan lingkungan paling dekat karena konsumen melakukan interaksi lenih intensif dibandingkan dengan lingkungan yang lain.

2. Pengalaman langsung
pengalaman individu mengenai objek sikap dari aktu ke waktu akan membentuk sikap tertentu pada individu.

3. Kelompok teman sebaya
teman sebaya mempunyai peran yang cukup besar terutama bagi remaja dalam pembentukan sikap. adanya kecendrungan untuk mendapatkan penerimaan dari teman-teman sebayanya, mendorong para remaja mudah dipengaruhi oleh kelompoknya dibandimgkan dengan lingkungan lain.

4. Pemasaran langsung
mulai banyaknya perusahaan yang menggunakan pemasaran langsung atas produk yang ditawarkan secarz tidak langsung berpengaruh pada sikap konsumen.

5. Kepribadian
kepribadian individu memainkan peranan penting dalam pembentukan sikap.

6. Tayangan di media massa
media massa ini sangat penting dalsm pembentukan sikap, maka pemasar perlu mengtahui media apa yang biasanya dikonsumsi oleh pasar sasarannya dan melalui media tersebut dengan rancangan pesan yang tepat, sikap positif dapat terwujud.

6.B. Bagaimana Pemasar dapat menggunakan kegagalan konsumen dalam mencapai tujuan untuk mengembangkan daya tarik promosi berbagai produk? Jelaskan!

Untuk mengambil keuntungan atau memanfaatkan kelemahan atau kegagalan konsumen dalam mencapai tujuan agar dapat mengembangkan daya tarik promosi pemasar harus melakukan riset, sehingga dapat mendapatkan atau menemukan masalah yang menyebabkan kegagalan konsumen dalam hal mencapai tujuan mereka. Setelah mendapatkan masalah yang menyebabkan kegagalan konsumen tersebut maka langkah kedua yang dilakukan oleh pemasar adalah menemukan solusi atas masalah tersebut, dan setelah mendapatkan solusi atas masalah konsumen maka pemasar dapat mengetahui atau memahami apa yang diinginkan oleh konsumen dan langkah ketiga yang akan dilakukan oleh pemasar adalah setalah melakukan dua langkah awal tersebut adalah mengembangkan tekhnik yang mempunyai daya tarik terhadap konsumen dan mampumemuaskan konsumen sehingga tidak mengecewakan mereka lagi.

6.C. Sebagian besar kebutuhan manusia sering tidak timbul kepermukaan, factor-faktor apa yang menyebabkan mereka timbul?

Farktor-faktor menimbulkan kebutuhan manusia:

1. Promosi: degan promosi yang tepat maka kita dapat membuat knsumen merasa penasaran dan tertarik untuk melakukan pembelian

2. Orang dekat: dengan adanya orang dekat atau teman, maka mereka akan mengingatkan calon konsumen akan kebutuhan yang terlupakan oleh mereka.

3. Sales dor to dor: dengan adanya sales dor to dor atau penjualan dari rumah ke rumah ini dapat memudahkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian sehingga membuat calon konsumen menjadi teringat akan kebutuhan-kebutuhan yang terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar