Selasa, 26 Juni 2012

Tugas 10 Kelompok Rujukan dan Pengaruh Keluarga

12.A. Sebagai seorang calon pemasar, Anda diminta merancang suatu kampanye promosi baru untuk serangkaian toko ritel yang besar. Strategi kampenye ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran berkelompok. Saran apa saja yang dapat Anda berikan? Uraikan pendapat Anda.

Jika saya dihadapkan pada situasi ini maka saya akan mengusulkan menggunkan cara pendekatan personal, tidaklah mudah kalau kita ingin mempengaruhi masyarakat yang luas kalau tidak menggunakan cara pendektan personal, pendekatan ini merupakan pendekatan yang paling efektif dilakukan oleh para pemasar jika ingin mempengaruhi masyarakat yang luas, karena rata-rata masyarakat Indonesia sangat mudah dipengaruhi oleh orang yang mereka percaya. Pemasar dapat menggunakan cara pendekatan personal ini kepada orang-orang yang penting dimata masyarakat, masar juga dapat memasarkannya kepada komunitas-komuniktas yang dianggap berpengaruh, dan juga dapat memasarkan kepada ibu-ibu yang melakukan kegiatan arisan dengan begitu maka produk yang dipasarkan akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat karena jika kita berhasil melaksanakan pendekatan ini maka masyarakat akan membantu pemasar memasarkan produk tersebut dengan menggunakan cara promosi dari mulut ke mulut dengan begitu cara atau pendekatan ini juga dapat menekan pengeluaran yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

12.B. Anda adalah wakil direktur pemasaran suatu perusahaan minuman ringan. Agen iklan Anda sedang dalam proses merundingkan suatu kontrak untuk memakai seorang bintang penyanyi wanita untuk mempromosikan produk Anda. Faktor-faktor kelompok rujukan apa saja yang dapat Anda kemukakan sebelum selebritas tersebut muncul dalam kontrak?

Yang harus dilihat pertama kali dalam merekrut bintang penyanyi adalah latar belakang atau masa lalu dari si bintang penyanyi apakah si penyanyi pernah melakukan hal-hal yang dapat menjadi masalah penyebab hancurnya produk kita jika kita merekrutNya. Dalam memilih bintang penyanyi untuk mengiklankan produk, para pemasar juga harus memperhatikan apakah bintang penyanyi itu cocok untuk mengiklankan produk tersebut. Contoh jika produk yang akan dipasarkan oleh pemasar adalah minuman ringan untuk konsumsi orang tua maka bintang penyayi yang membintangi iklan tersebut juga harus bintang yang tua dengan begitu produk yang diiklankan baru akan cocok dengan iklan yang ditayangkan, sebaliknya jika produk yang dipasarkan adalah poduk minuman ringan khusus untuk dikonsumsikan oleh para anak muda maka para pemasar tidak boleh sekali-kali menggunakan jasa bintang iklan yang tua untuk mengiklankan iklan tersebut, karena jika hal itu terjadi maka iklan yang para pemasar buat tidak akan berjalan dengan baik karena informasi yang akan didapatkan oleh konsumen tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para pemasar.

12.C. Bagaimana keluarga dapat mempengaruhi sosialisasi konsumen kepada anak-anak?

Peran apa yang dimainkan iklan televisi dalam sosialisasi konsumen? Uraikan.
Keluarga merupakan suatu elemen penting dalam pembentukan karakter anak-anak, oleh karena itu keluarga dapat dengan mudah mempengaruhi anak-anak mereka dalam hal pemilihan produk. Ambil contoh sabun mandi saja jika orang tua dari kecil memperkenalkan ke anak-anak mereka satu merek sabun mandi saja maka merk sabun mandi itu akan terus menerus diingat oleh anak-anak mereka karena merek produk sabun mandi itu sudah terlanjur masuk kedalam ingatan mereka dengan begitu mereka akan terus menganggap bahwa produk yang mereka pakai tersebut merupakan yang terbaik.
Iklan di televise akan terus mengingatkan konsumen terhadap produk yang diiklankan, manusia akan lebih cepat mengerti jika mereka melihat dan mendengarkan dari pada mereka membaca saja, iklan di televisi yang mengandung unsur-unsur humor tidak akan dilupakan oleh konsumen.

12.D. Di antara kelima tahap siklus kehidupan keluarga tradisional manakah yang merupakan segmen-segmen yang paling menguntungkan bagi produk dan jasa berikut ini:

1. Liburan Dunia Fantasi di Ancol
Siklus keluarga dengan anak-anak: Secara emosional kita sekarang harus menerima anggota baru ke dalam sistem. Hal ini tidak sulit, awalnya karena bayi datang kepada kita dalam paket bersalah manis yang membuka hati kita. Sayangnya, di tengah malam kita mungkin bertanya-tanya apa yang sudah kita lakukan. Namun demikian, kita menyesuaikan sistem perkawinan untuk membuat ruang bagi anak-anak kita, membesarkan anak, keuangan dan tugas-tugas rumah tangga. Orde kedua perubahan juga terjadi dengan penataan kembali hubungan dengan keluarga besar karena membuka untuk menyertakan orangtua. Dengan begitu siklus ini akan menjadi segmen-segmen yang menguntungkan bagi liburan dunia fantasi di ancol karena pada saat liburan orang tua akan mengajak anak-anak mereka liburan.

2. Pizza Hutt
Siklus keluarga dengan anak remaja: Transisi emosional keras di sini untuk seluruh keluarga karena kita perlu untuk meningkatkan fleksibilitas dari batas-batas keluarga untuk memasukkan kemerdekaan anak-anak dan kelemahan kakek-nenek '. Seperti disebutkan di atas, kedua orde perubahan diperlukan agar pergeseran hubungan orangtua-anak untuk mengizinkan remaja untuk bergerak masuk dan keluar dari sistem. Sekarang ada fokus baru pada masalah-masalah perkawinan dan karir setengah baya dan pergeseran awal menuju merawat bersama untuk generasi tua ketika anak-anak dan orang tua penuaan permintaan perhatian kita. Siklus ini dapat merupakan siklus yang menjadi segmen-segmen yang menguntungkan bagi Pizza Hutt karena disiklus ini konsumsi dan pengeluaran keluargalah yang paling besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar