Selasa, 26 Juni 2012

Tugas BAB 13 Sub-Budaya

13.A. Mengapa analisis sub-budaya sangat urgen bagi para pemasar di negara Indonesia? Uraikan pendapat Anda.

Budaya adalah suatu pola dari keseluruhan keyakinan dan harapan yang dipegang teguh secara bersama oleh semua anggota organisasi dalam pelaksanaan pekerjaan yang ada dalam organisasi tersebut. Dengan demikian, budaya dalam suatu organisasi adalah menjadi pengikat semua karyawan secara bersama dalam organisasi tersebut dan sekaligus sebagai pemberi arti dan maksud dalam keterlibatan karyawan tersebut dalam pekerjaan sehari-hari dari organisasi. Kebudayaan, cultuur dalam bahasa Belanda dan culture dalam bahasa Inggris, berasal dari bahasa Latin “colore” yang berarti mengolah,mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan.
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2206286-pengertian-budaya/#ixzz1yc7YUQVK
Dengan begitu dapat diartiakan bahwa budaya sebagai elemen yang penting dalam menentukan kesuksesan perusahaaan. Dalam melakukan pemasaran para pemasar harus melihat terlebih dahulu apakah tempat yang akan dituju mempunyai budaya yang mendukung keberhasilan pemasaran produk.

13.B. Uraikan pentingnya segmentasi sub-budaya bagi para pemasar berbagai produk makanan. Berikan contoh suatu merek makanan yang bauran pemasaran harus diterapkan secara regional. Jelaskan mengapa dan bagaimana bauran pemasaran harus dibedakan di semua daerah geografis Indonesia?

Segmentasi sub-budaya penting bagi pemasar karena jika pemasar melakukan pemasaran suatu produk dan produk tersebut tidak bias diterima di daerah tertentu yang memiliki budaya yang bertentangan dengan produk tersebut maka pasti produk yang dipasarkan akan gagal total dipasaran. Contoh satu merek yang bauran pemasarannya ditetapkan secara regional adalah indomie, para pemasar menjual produk indomie mereka di Bangka Belitung dengan di Jakarta berbeda dari segi kaldunya di Bangka Belitung para pemasar indomie menjual dengan kaldu udang sedangkan di Jakarta mereka menjual dengan kaldu ayam.
Setiap daerah atau setiap tempat pasti mempunyai kebudayaan atau kebiasaan yang berbeda-beda. Dari segi masyarakat yang juga mempunyai keinginan yang berbeda dalam hal kenikmatan, contoh masyarakat Bangka Belitung terbukti lebih memilih indomie dengan kaldu udang dari pada indomie dengan kaldu ayam yang tersedia di Jakarta, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Bangka Belitung termasuk saya didalamnya yang juga meminta orang terdekat untuk mengirimkan indomie kaldu udang dari Bangka. Dengan adanya kenyataan tersebut maka para pemasar tidak akan berani menjual Indomie kaldu ayam di daerah Bangka Belitung.

13.C. Bagaimanakah para pemasar harus mempromosikan berbagai produk dan jasa mereka kepada para wanita bekerja? Daya tarik apa yang harus mereka pergunakan? Jelaskanlah.

Jika para pemasar ingin dan menargetkan para wanita yang bekerja menjadi sasaran mereka maka pemasar melakukan suatu promosi yang simple, efektif, dan menarik perhatian mereka, karena para wanita yang bekerja tidak akan mau membuang waktu mereka dengan sia-sia oleh karena itu setiap pemasar harus segera mengambil ksempatan untuk mempromosikan produk mereka jika ada kesempatan dengan cara promosi yang efektif, simple, dan menerik perhatian tersebut dengan begitu maka mereka para wanita yang bekerja akan tertarik dengan produk yang sedang dipasarkan tersebut.

13.D. Sebagai pemilik agen showroom motor Honda, strategi pemasaran apa yang akan Anda pakai untuk membidik para wanita bekerja?

Saya akan mengarahkan pemasaran yang lebih ke arah menginformasikan kepada para wanita yang bekerja bahwa motor Honda yang akan dipasarkan cocok untuk mereka dari segi feminism, mudah untuk dikendarai, dan juga tidak boros bensin dengan begitu maka jika mereka mengendarai motor Honda ini maka segi feminism mereka akan lebih terlihat, tidak aka nada lagi batasan untuk mereka keluar rumah lagi karena menggunakan motor Honda yang mudah untuk dikendarakan, dan yang terakhir adalah dengan menggunakan motor Honda ini mereka dapat menghemat pengeluaran mereka dibandingkan jika mereka menggunakan motor jenis lain semua hal tersebut disebabkan oleh motor Honda yang tidak boros bahan bakar bensin (BBM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar