Selasa, 26 Juni 2012

Tugas 7 Komunikasi

11.A. Jelaskanlah perbedaan antara umpan balik dari komunikasi interpersonal dan umpan balik dari komunikasi impersonal. Bagaimanaa pemasar dapat memperoleh dan menggunakan setiap jenis umpan balik tersebut?

R Wayne Pace mengatakan bahwa komunikasi interpersonal adalah Proses komunikasi yang berlangsung antara 2 orang atau lebih secara tatap muka.
Komunikasi Impersonal adalah komunikasi yang ditujukan kepada audience yang luas dan tersebar, tanpa komunikasi langsung antar sumber dan penerima.
Umpan balik didalam komunikasi interpersonal lebih mudah dilaksanakan dan juga lebih mudah dalam hal mengevaluasi apakah penerima pesan mengerti atau tidak pesan yang kita kirimkan kepada mereka, karena komunikasi ini dilakuan secara tatap muka.
Sedangkan umpan balik didalam komunikasi impersonal bertolak belakang dengan umpan baik komunikasi interpersonal. Umpan balik disini tidaklah muda untuk dilaksanakan dan akan susah bagi pembicara untuk mengevaluasi keefektifan umpan balik yang telah dikirimkan oleh pembicara karena komunikasi impersonal ini ditujukan kepada audience yang luas dan tersebar.

Didalam komunikasi umpan balik sangat penting untuk mengetahui apakah audience mengerti atau paham dengan apa yang kita sampaikan. Para pemasar dapat memperoleh keuntungan dalam menggunakan umopan balik dalam membantu proses pemasaran produk mereka. Dengan bantuan komunikasi mouth to mouth dapat membantu memasarkan produk dengan cepat dan dengan pengeluaran yang sedikit.

11.B. Anda adalah manajer pemasaran untuk obat sakit kepala/ agen iklan anda baru saja memperkenalkan pada anda dua strategi promosi yang berbeda. Yang pertama menggunakan pendekatan humor dan yang lain mengambil pendekatan “penderitaan”. Pendekatan mana yang akan anda pilih? Mengapa?

Saya akan memilih pendekatan humor karena pada saat ini terutama di Indonesia humor merupakan suatu pasar yang besar, jika kita dapat menanamkan unsure humor didalam produk kita maka produk kita akan dicari oleh masyarakat Indonesia yang lagi tran di Indonesia.

Pada saat ini kita sering menjumpai dimanapun iklan-iklan yang lucu yang digunakan oleh pemasar untuk menarik perhatian konsumen. Berbagai iklan-iklan yang lucu terbukti mempunyai andil yang besar dalam hal mendongkrak penjualan. Kita dapat mengambil contoh yang nyata seperti anggota OVJ yang lagi diperbincangkan seluruh masyarakat Indonesian, setelah mereka sukses di acara OVJ yang berunsur “humor” sekarang ini anggota OVJ tersebut dibanjiri job iklan-iklan, para pembuat iklan yakin dengan menggunakan jasa mereka dalam iklan dapat menaikkan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar